Yang penting, inilah obat-obatan yang wajib dibawa jamaah haji ke Tanah Suci

Liputan6.com, Jakarta – Jemaah haji Indonesia akan mulai berangkat ke Arab Saudi pada 12 Mei 2024. Tahun ini, pemerintah Indonesia akan memberangkatkan total 241.000 jemaah haji, yang terdiri dari 213.320 jemaah reguler dan 27.680 jemaah haji khusus.

Data Kementerian Agama (Kemenag) RI menunjukkan, pada tahun ini terdapat sekitar 45.000 jemaah haji reguler berusia 65 tahun ke atas atau lebih tua (lansia). Di tengah panasnya cuaca di Tanah Suci, jemaah haji Indonesia, khususnya lansia, perlu menjaga kebugaran jasmani agar tetap bugar dan sehat.

Berdasarkan catatan Tim Penanggulangan Krisis dan Pertolongan Pertama Jemaah Haji (PKP3JH), ada beberapa penyakit yang rentan diderita jemaah haji Indonesia di Tanah Suci.

“Ada beberapa penyakit yang sering dialami jamaah haji, yaitu: infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) yang disebabkan oleh banyaknya jamaah, polusi udara, dan perubahan suhu drastis di Mekkah dan Madinah.” kata Kepala Bidang Lansia, Disabilitas dan PKP3JH Daker Madinah, Dr. Leksman di Medina, seperti dikutip lama Kemenag.go.id, Jumat (10/5/2024).

Anda juga harus mewaspadai gangguan pencernaan, seperti diare, muntah atau sakit perut, yang disebabkan oleh perubahan pola makan, air minum yang berbeda, atau kebersihan yang tidak memadai. dia menambahkan.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa dr dr Leks ini mengatakan, dehidrasi merupakan risiko serius, apalagi jika jamaah haji kurang minum air putih. “Hal ini disebabkan cuaca di Mekkah dan Madinah yang panas,” kata Leksmana.

Ia menambahkan, akibat panas dan kelembapan yang tinggi, penyakit kulit, jamur, ruam panas, atau luka akibat gesekan pakaian dapat muncul.

“Penyakit menular seperti influenza, demam atau penyakit menular lainnya yang disebabkan oleh interaksi dengan jamaah dari berbagai negara dengan kondisi kesehatan yang berbeda juga harus diantisipasi.” dia berkata.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *