Pemerintah Indonesia bertujuan untuk membangun sistem pertahanan cerdas di IKN

TEMPO.CO, JakartaPemerintah Indonesia sedang berupaya membangun sistem pertahanan cerdas di ibu kota Nusantara, atau IKN. Sistem ini akan dikembangkan melalui koordinasi antar kementerian dan pihak terkait lainnya.

“Sistem pertahanan IKN mampu kita implementasikan sesuai yang telah dicanangkan, yaitu Sistem Pertahanan Cerdas,” kata Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kementerian Politik, Hukum, dan Keamanan Laksamana Muda TNI Kisdiyanto. Di antaraJumat, 8 Mei 2024.

Sesuai rencana induk sistem pertahanan negara IKN 2022-2024, pemerintah harus memperkuat pertahanan di ibu kota baru karena presiden akan duduk di IKN mulai Juli tahun ini, kata Kisdiyanto. Selain itu, pemerintah pada tahun 2025 harus fokus pada penguatan sistem pertahanan IKN dan negara secara keseluruhan.

Oleh karena itu, ia meyakini perbaikan teknologi dan strategi pertahanan sangat diperlukan untuk mendukung Rencana Induk Sistem Pertahanan IKN tahun 2024 dan 2025. “Pemanfaatan teknologi menjadi kunci yang harus menjadi kepentingan kita bersama dalam mengawal penyelenggaraan sistem pertahanan negara di masa depan. IKN,” ujarnya.

Kisdiyanto berharap koordinasi antara kementerian dan TNI, Polri serta seluruh lembaga pertahanan yang dikenal dapat berjalan dengan baik dalam menciptakan sistem pertahanan cerdas di IKN.

Kisdiyanto meyakini dengan terbangunnya sistem keamanan dan pertahanan yang baik di IKN maka ibu kota negara akan aman dari serangan asing yang dapat mengganggu jalannya pemerintahan.

DI ANTARA

Pilihan Editor: Pesawat kargo Boeing mendarat di Istanbul tanpa roda pendaratan depan; Penyelidikan diluncurkan

klik disini ke mendapatkan berita terkini Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *